Evaluasi Desain Fisik Instalasi Laboratorium Terhadap Kepuasan Petugas Laboratorium di RSU. Mitra Medika Tanjung Mulia

Dewi Martina, Arifah Devi Fitriani, Yuniati Yuniati

Abstract


Berdasarkan survei awal yang dilakukan di RSU. Mitra Medika Tanjung Mulia, di dapatkan bahwa desain fisik instalasi laboratorium tidak lengkap sesuai standar PERMENKES. Hal ini menyebabkan staf laboratorium sering mengalami kendala saat memanggil nama pasien atau keluarga pasien di ruang tunggu. Kendala lainnya tidak adanya ruang administrasi menyebabkan yang tidak berkepentingan masuk ke ruang pemeriksaan. Pengambilan sampel urin pasien juga dilakukan di kamar mandi lantai dua dan lokasi laboratorium yang tidak strategis menuju instalasi gawat darurat.Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara semi terstruktur yang menggunakan pertanyaan terbuka. Penelitian dilakukan di RSU. Mitra Medika Tanjung Mulia pada instalasi laboratorium. Sumber informasi penelitian ini 6 orang informan, yaitu 1 orang kepala instalasi laboratorium, 1 orang kepala ruangan, 3 orang analis pelaksana dan 1 orang staf administrasi.Berdasarkan hasil penelitian yaitu lokasi laboratorium, desain tata ruang laboratorium, luas ruang laboratorium dan pemanfaatan ruang laboratorium belum memenuhi syarat standar.Kesimpulan penelitian lokasi laboratorium belum memiliki akses yang mudah ke instalasi gawat darurat karena berada diantara ruang tunggu rumah sakit. Pada desain tata ruang tidak terdapat ruang administrasi, BDRS, penyimpanan reagensia, ruang kepala instalasi, ruang petugas dan kamar mandi pasien. Luas ruangan yang didapat tidak sesuai standar PERMENKES

Keywords


Desain Fisik; Kepuasan Pegawai; Instalasi Laboratorium

Full Text:

PDF

References


Abdillah H. Pengaruh lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum daerah Cibabat kota Cimahi tahun 2016. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Keperawatan. 2016;2(1):1–13.

Aditya KP, Suryani NN, Mustika IN. Pengaruh Insentif Finansial Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Cellular World Teuku Umar Denpasar. [Internet]. 2021;2(2):159–69. Available from: http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1737

Alhamda S. Yustina Sriani. BUKU AJAR ILMU KESEHATAN MASYARAKAT. Jakarta: Deepublish; 2015.

Andarini T. Pengaruh Work Life Balance dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Skripsi. Yogyakarta. Sustain. 2020;4(1):1–9.

Asri YB, Susilowati I, Firmansyah RN. Evaluasi Ruang Kerja Bagian Rekam Medis Rawat Inap Berdasarkan Aspek Tata Ruang Kantor Di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. J Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 2020;8(1):36.

Darmawan MA, Roziqin MC, Erawantini F. Desain Tata Ruang Filing Poliklinik JKN Berdasarkan Lingkungan Fisik yang Ergonomis. J-REMI J Rekam Med dan Inf Kesehat. 2020;1(3):186–97.

Dewi AH, Aisyah S. Hubungan Lingkungan Kerja Fisik dengan Kepuasan Kerja Perawat di RSU Haji Medan. J Divers. 2018;3(2):1.

Hamzah DV. Analisis Kepuasan Kerja Perawat berdasarkan Desain Fisik Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Madani. J Rekam Med. 2020;3(1):42–56.

Hanum L. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Petugas di Instalasi Laboratorium Patologi Klinik Rumah Sakit Umum Kota Semarang. Skripsi. Curr Biol. 2001;11(15):1155–67.

Hayati R. Pengertian Kerangka Berpikir, Ciri, Jenis, Cara Menulis, dan Contohnya. 2022;(2001).

Herdyanti LQ, Rachmaniyah N, Wahyudie P. Redesain Interior Rumah Sakit Negeri Kelas B dengan Konsep Healing Environment. J Sains Dan Seni Its. 2016;5(2):2337–3520.

Indonesia R. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 44 tentang Rumah Sakit. 2009;

Kotler. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Teori Kepuasan 2.1.1 Pengertian Kepuasan. 2012;11–29.

Lasmaida SA. Pengaruh Desain Ruang ICU dan Peralatan ICU terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar Tahun 2010. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota. 2018;1(3):82–91.

Lestari EM. Pengaruh Lingkungan kerja dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Paramedis Rumah Sakit Bina Kasih Pekanbaru. Oleh Eka Lestari Manalu. 2015;2(1):32.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v2i2.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.