Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Desa Namu Ukur Utara Langkat

Trinita Situmorang

Abstract


Remaja adalah masa perubahan atau pelestarian dari anak – anak ke masa dewasa yang meliputi perubahan biologis, perubahan psikologis, dan perubahan sosial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Menganalisis hubungan antara tingkat stres dengan kecanduan game online pada remaja di Desa Namu Ukur Utara Langkat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif crossectional. Penelitian ini dilakukan di Desa Namu Ukur Langkat dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang serta dianalisa menggunakan Chi-Square. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai p=0,026 (p<0.05), maka kesimpulannya ada hubungan antara tingkat stres dengan kecanduan game online pada remaja di Desa Namu Ukur Utara Langkat. . Diharapkan kepada perawat kesehatan jiwa dan komunitas diharapkan mulai memberikan perhatian terhadap masalah kecanduan game online dengan melakukan screening di masyarakat.


Keywords


Stres; Game Online; Remaja

Full Text:

PDF

References


Astuti (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game onlineDengan Kualitas Tidur Siswa/Siswi Di SMP Negeri 24 Samarinda.

Azwar (2015) Penyusunan Skala Psikologi,Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Babington LM, Patsoaughter CA (2001) Kecanduan komputer: Ketika monitor menjadi pusat kendali. J Pelayanan Kesehatan Perawat Psikososial.

Brown, B. B., & Blinka, L. (2012) Hubungan antara Persahabatan Online dan Kecanduan Internet di Kalangan Remaja dan Orang Dewasa Baru. Psikologi Perkembangan

Dekominfo (2022). Internet sehat. Jakarta:Depkominfo

Dwi Mulyani R. (2017). Hubungan Antara Depresi Dan Kecanduan Online Game

Pada Mahasiswa Yogyakarta. Yogyakarta

Gabriel Lozen. (2014). Pengaruh Positif Video Game Online pada Anak. Gunarsa, Singgih D. (2008). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga.

Hardiyansyah Masya, D.A.C. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game online Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal)

Indahningrum F. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Stres Pada Mahasiswa Universitas Surabaya. (E-jurnal);2017

Kemdikbud, (2017). Data Referensi Satuan Pendidikan Sekolah Per Kecamatan. Diambil dari http://referensi.data.kemdikbud.go.id (Diakses pada 12 November 2022)

Kemenkes, 2018.Kecanduan Game Adalah Prilaku. Diakses di http://www.kemenkes.go.id diakses pada tanggal 10 september 2022.

Lilik Marifatul Azizah dkk, 2016 Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Edisi Pertama, Yogyakarta :Indomedia Pustaka.

Maria,D. GP (2022). Optimalisasi Media Sosial Untuk Generasi Mudah. J-Abadi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022,2(3),4245-4254.

M.Albir Damara. (2013). Dampak Permainan Terhadap Perkembangan Anak Ilmu Pendidikan, Universitas Fakultas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v3i3.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.