Faktor yang Memengaruhi Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Simalingkar Medan Tuntungan

Anita Yasmin, Asriwati Asriwati, Aida Fitria

Abstract


Kekurangan gizi atau kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu adalah suatu keadaan ibu hamil yang menderita kekurangan makanan yang berlangsung lama (kronik) dengan berbagai timbulnya gangguan kesehatan pada ibu hamil. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu hamil di Puskesmas Simalingkar Kecamatan Medan Tuntungan.Desain penelitian menggunakan metode mixed method. Populasi adalah ibu hamil TM1 yang berada di wilayah kerja Simalingkar Kecamatan Tuntungan, dengan sampel kuantitatif sebanyak 35 Ibu, untuk sampel kualitatif 1 informan ibu hamil KEK, 1 informan bidan KIA, 1 informan suami. Analisis data menggunakan alanalisis univariat, bivariat dan multivariat.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pengetahuan (p=0,018), usia (p=0,000), sosial ekonomi (p=0,001), pola konsumsi (p=0,002), peran tenaga kesehatan (p=0,013) terhadap kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu hamil . Sedangkan faktor yang paling dominan yaitu sosial ekonomi (p=0,005). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pengetahuan, usia, sosial ekonomi, pola konsumsi, peran tenaga kesehatan terhadap kekurangan energi kronik (KEK) pada ibu hamil di wilayah Kerja Simalingkar Kecamatan Tuntungan.


Keywords


Pengetahuan; Usia; sosial ekonomi; Pola Konsumsi; Peran Tenaga Kesehatan, KEK

Full Text:

PDF

References


Anggraeni N, Nikmah, Nurun Novi Anggraeni S. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Praktik Bidan Mandiri (BPM) Hj. Jkakj. 2020;4(1):12–6.

Annisa DN. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Pantoloan Kota Palu. 2017;4(3):219–26.

Arrantika, M PS. Kehamilan Resiko Tinggi. Intan Kusuma Dewi Ss E, editor. Yogyakarta; 2019.

Astuti M. Buku Pintar Kehamilan. Jakarta: ohima Press; 2016.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 2020.

BPS Utara (BPS) PS. Provinsi Sumatera Utara dalam Berita. ©BPS Provinsi Sumatera Utara/BPS Provinsi Sumatera Utara; 2020.

Dari R, Pola D, Ekonomi S, Dengan S, Energi C, Dari L. Hubungan pola makan dan status sosial ekonomi dengan kejadian kekurangan energi kronis * *. 2022; 17:73–80.

Fatimah Jamir A, Erni E. Upaya Pencegahan Kekurangan Energi Kronis (KEK) dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet FE dan Asupan Makanan pada Ibu Hamil di Puskesmas Makale Kabupaten Tana Toraja. Media Publ Penelit Kebidanan. 2022;4(1):19–25.

Kemenkes RI. Pusat Info Data dan Informasi. Jakarta; 2020.

Kementerian Kesehatan. Profil Kesehatan Indonesia 2020,

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020.

Manuaba. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan Dan Keluarga Berencana Untuk Pendidik Bidan. Jakarta: Misalnya; 2017.

Rapih Mijayanti, Yona Desni Sagita, Nur Alfi Fauziah YDF. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kurangnya Energi Kronik ( Kek ) Pada Ibu Hamil Di Upt Puskesmas Rawat Inap. J Matern Aisyah (JAMAN AISYAH). 2020;1(3):205–19.

Rukiah Ay. Asuhan Kebidanan IV (Patologi Kebidanan). Jakarta: Md Jma, Redaktur; 2017.

Tumanggor L, Siregar A. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kurang Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil di RSUD Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Kesehatan Umum J. 2022;8(2):1–9.

WHO, 2020. Organisasi Kesehatan Dunia, Tren Matern Mortal. 2020.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v3i1.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.