Pengaruh Metode Kangaroo Mother Care Terhadap Perubahan Tanda-Tanda Vital Pada Bayi Berat Badan Lahir Rendah(BBLR) di Rumah Sakit Sawit Indah Perbaungan

Elsa Rizky Safitri Matondang, Chairul Munir

Abstract


Metode Kanguru adalah metode perawatan dini dengan sentuhan kulit antara ibu dan bayi baru lahir dalam posisi seperti kanguru. Dengan metode ini mampu memenuhi kebutuhan dasar bayi baru lahir prematur dengan menyediakan situasi dan kondisi yang mirip dengan rahim ibu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Kangaroo Mother Care terhadap perubahan tanda-tanda vital pada bayi berat badan lahir rendah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang bersifat quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan model rancangan one group pretest postest dimana Lokasi penelitian dilaksanakan di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Sawit Indah Perbaungan. Adapun populasi dari penelitian ini BBLR di Rumah Sakit Sawit Indah Perbaungan dengan jumlah 10 orang pada bulan November dengan jumlah sampel yang dibuka 10 orang menggunakan teknik total sampling. Hasil Uji statistik didapatkan nilai p= 0,002 (α=0,05) yang berarti ada pengaruh metode Kangaroo Mother Care terhadap perubahan tanda-tanda vital pada bayi berat badan lahir rendah (BBLR). Hasil interval dapat dipercaya bahwa 95% percaya perbedaan suhu tubuh sebelum dan sebelum dilakukan metode Kangaroo Mother Care adalah 1.090C.

Keywords


Metode Kanguru;Mother Care;BBLR

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azari, Dwana. 2018. Konseb Kebidanan.Yogyakarta: Fitrimaya. Bauer K, Uhrig C, Sperling P, Pasel K, Wieland C, Versmold HT. 2017. Body temperatures and oxigen consumption during skin-to-skin care in stable preterm infants weighing less than 1500 grams. Journal of Pediatrics. February (130);2:240-244.

Henderson, C. 2016. Buku Ajar Konsep Kebidanan. Jakara : EGC. Hiksari, 2015. Asuhan Neonatus Bayi dan Balita. Jakara : EGC.

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. 2017. Nursing care of infants and children. (8thed.). St.louis: Mosby Elsevier.

Nursalam, 2016. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Medika.

Pramono, 2016. Asuhan Kegawatdaruratan dan Penyulit Pada Neonatus.Jakarta: Trans Info Media.

Proverawati, Atikah, 2015. BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Yogyakarta: Nuha Medika.

Pudjiadi, 2017. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, dan Anak Balita. Yogjakarta: Nuha Medika

RISKESDAS, 2019. Perawatan Bayi Berat lahir Rendah (BBLR) dengan Metode Kanguru. Jakarta, HTA Indonesia

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: ALFABETA.

Surasmi, Ika. 2016. Bayi dengan BBLR. Yogyakarta: Nuha Medika

Utami, 2017. ASI Eksklusif. Jakarta: Trubus Agriwidya

Widyastuti, 2017. Panduan Perkembangan Anak 0-1 Tahun. Jakarta: Salemba Medika Wong and Whaley, 2011. 4th Ed, Nursing Care of Infant and Children. Dalas Texas

Yulianti, 2016. Penggunaan Teknik Kanguru. http//www.medicastro.or.id.Diakses tanggal 29 Oktober 2021




DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v2i1.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.