Korelasi Dukungan Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Di RSU Sundari Medan

Susy Hariaty Situmorang

Abstract


Gagal ginjal merupakan suatu penyakit yang tidak menular yang menyebabkan kematian karena fungsi organ ginjal yang menurun atau tidak berfungsi sehingga tidak dapat menyaring pembuangan cairan dalam tubuh. Penyakit gagal ginjal dapat disembuhkan melalui pencucian darah dan obat-obatan.Kecemasan akan meningkat tidak hanya disebabkan oleh penyakit itu sendiri, tetapi juga disebabkan oleh pemeriksaan dan penanganannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Depresi pada Pasien Gagal Ginjal Kronis di RSU Sundari Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif crossectional. Penelitian ini dilakukan di RSU Sundari Medan dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang serta dianalisa menggunakan Chi-Square. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai p=0,029 (p<0.05), maka kesimpulannya ada hubungan dukungan signifikan antara dukungan sosial dengan Tingkat depresi pada pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Umum Sundari Medan dengan nilai p=0,029 (p<0.05). . Diharapkan kepada keluarga pasien gagal ginjal yang datang ke RS agar memberikan dukungan yang baik melalui sosialisasi yang diberikan oleh tenaga Kesehatan.


Keywords


Dukungan Sosial;Depresi;Gagal Ginjal Kronis

Full Text:

PDF

References


Alligood, M. R. (2017) Pakar Teori Keperawatan dan Karya Mereka. Singapura: Elsevier.

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Black, J. dan Hawk, J. (2005) Keperawatan Medis Suegis: Manajemen Klinis untuk Hasil Positif, Edisi ke-7. philadelphia: Perusahaan Sounders.

Cahyaningsih, N.D. (2009) Hemodialisis, Panduan Praktis, Perawatan Gagal Ginjal. Jogjakarta: Mitra Cendekia Press.

Dariyo, A. (2007) Psikologi Perkembangan Anak Usia Tiga Tahun Pertama.Jakarta: PT Refika Aditama.

Edberg, M. (2009) Buku Ajar Kesehatan Masyarakat Teori Sosial dan Perilaku.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Fauziah, A. (2017) Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Self Acceptance Penderita Hiv Dan Aids Dalam Kelompok Dukungan Sebaya (Kds) Berdasarkan Teori Health Belief Model. Surabaya.

Notoatmodjo, S. (2010) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka

Cipta. Nursalam (2016) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

Oxtavia, V. and Lestari, W. (2013) „Hubungan citra tubuh dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis‟, 1(2007), pp. 1–10.

Potter, P. A. and Perry, A. G. (2010) Fundamental Keperawatan Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v3i3.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.