Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Bernyanyi Terhadap Pengetahuan Tentang PHBS Sekolah Mencuci Tangan Dan Membuang Sampah di SDN.102072 Desa Pekan Bandar Khalifah

Siti Fadhila Azra, Sukma Yunita, Yulis Hati, Yuliatil Adawiyah Harahap

Abstract


PHBS merupakan upaya memperkuat seseorang untuk mewujudkan kehidupan yang berkualitas kegiatan belajar mengajar sekolah perlu diperhatikan agar mendapatkan kondisi yang bersih dan nyaman. Masalah yang ada disekolah adalah siswa belum paham cara mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya. Tujuan untuk mengetahui pengaruh mencuci tangan dan membuang sampah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group Pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV, V, VI yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik dalam penelitian ini yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh sebelum diberikan pengetahuan mencuci tangan dan membuang sampah cukup (83.3) setelah diberikan pendidikan kesehatan baik (86.7) pengaruh pendidikan kesehatan metode bernyanyi nilai p-0.000 < 0.05 yang artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan metode bernyanyi terhadap pengetahuan PHBS di sekolah mencuci tangan dan membuang sampah di SDN.102072 Desa Pekan Bandar Khalifah Tahun 2023. Kesimpulan adanya pengaruh mencuci tangan dan membuang sampah di SDN.102072 Desa Pekan Bandar Khalifah Tahun 2023. Saran agar penelitian ini dapat diterapkan disekolah.

Full Text:

PDF

References


Aponi. (2021). Tahapan PHBS di Sekolah. jakarta: iPusnas.

Cindy Fatika Sari, D.A. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dalam Membangun Gaya Hidup Sehat Pada Proses Sejak Pembelajaran Dini Usia 9-11 Tahun SD Negeri 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 7.

Dian Hestiyantari, Y.C. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di SDN Gerendong 1 dan SDN Gerendong 2, Kecamatan Keroncong, Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat , 2.

Hasan, R. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan PHBS Dengan Perilaku PHBS di SMA Negeri 8 Makasar.

Hezliana Syahwanti, ZW (2022).Meningkatkan Pemahaman Peduli Lingkungan Bersih Dengan Pemilahan Sampah di SD Negeri 24 Pontianak Timur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat , 6.

Ihsan, M. (2018). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Membendaya Tentang Dampak mck Sembarangan Perlunya kesadaran diri dalam menjaga kesehatan diri sendiri dalam mencuci tangan dan membuang sampah serta adanya dukungan guru dan sarana cuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya dilingkungan sekolah dapat mendukung terlaksananya program PHBS disekolah.Terhadap Kesehatan. jurnal labora medika, 2.

Ismalia Husna, SM (2019). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (phbs) Siswa SD Negeri 5 Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati , 2.

La Ode Asrianto, TS (2022). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa di SD Negeri 1 Lawele Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton. Jurnal Ilmiah Obsgin , 14.

Linda Presti Fibriana, SD (2017). Promosi Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan. Malang: MNC.

Lita Heni Kusumawardani, AA (2020). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia , 10.

Lubis, AS (2023). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan SD It Ashabul Kahfi Deli Serdang. Jurnal Berajah, 3.

Marddatillah. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup

NINGSIH, NL (2022). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Murid Sekolah Dasar Negeri 6 Padang Sambian




DOI: https://doi.org/10.51849/j-bikes.v3i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.